Rabu, 23 Mei 2012

Semoga Inilah yang Dinamakan dengan Akal Sehat

Saya bukan pemuja kepercayaan setan. Saya juga bukan pemuja lagu-lagu dunia barat – mungkin karena saya tidak terlalu mengerti. Saya juga bukan anggota partai tertentu, juga bukan anggota organisasi tertentu. Saya pemuja keberagaman, memuja ketentraman, kenyamanan dan kedamaian. Semoga inilah yang dinamakan akal sehat.

Sejak beberapa hari ini, saya mulai gelisah dengan berita penolakan kedatangan penyanyi Lady Gaga di Indonesia. Ada beberapa organisasi masyarakat menentangnya, salah satu yang paling keras adalah Front Pembela Islam (FPI), bahkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa haram. Dan ada juga beberapa kawan-kawan yang mendukung pandangan penolakan.

Senin, 14 Mei 2012

Pariwisata dan Politik Kebudayaan

Kapan produk kebudayaan itu mulai kehilangan nilai? Saya kira, ketika sudah mengikuti agenda pariwisata yang disusun pemerintah.

Pada 10 Oktober 2010, ketika warga Makassar disibukkan untuk menyambut ulang tahun kota Anging Mamiri yang ke 403 tahun, di anjungan pantai losari ada peragaan tarian kolosal. Dilakukan oleh ratusan perempuan, bergerak gemulai di atas perahu bercadik kecil.

Tari Pakkarena dilakukan di atas perahu itu.

Minggu, 06 Mei 2012

Siapakah Saya

Ini seperti pergumulan pemikiran saya. Diantara sekian banyak orang, pertanyaan ini mungkin pernah hinggap, atau bahkan menempel berhari-hari hingga berlama-lama. Tapi saya membawanya hingga sekarang.


Siapakah Saya?

Pada sebuah perjumpaan, saya menemukan cerita tentang Ahmad Wahib sementara jauh sebelumnya sudah berkenalan dengan Soe Hok Gie. Mereka berdua membuat saya cemburu, anak muda yang menelorkan pemikiran-pemikirannya dan gagasan-gagasannya dengan begitu manis melalui tulisan. Sayangnya mereka meninggal begitu cepat.