Minggu, 11 Maret 2012

Sabaruddin dan DI/TII


Usia Sabaruddin lebih dari 70 tahun. Kepastiannya dia tak bisa menentukan. Tak ada catatan mengenai kelahirannya. Tapi penggalan kisahnya terekam cukup baik di kepalanya.

Sabaruddin tinggal di daerah Patea –sekarang kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur. Patea oleh warga Sorowako dikenal sebagai perlintasan menuju tempat pemakaman umum. Patea berdekatan dengan lapangan tempat perkemahan, lapangan belajar mengemudi dan lapangan Golf perusahaan PT Vale Indonesia. 

Jumat, 09 Maret 2012

Ini Cerita Kami

Foto ini diambil di depan kamar tamu rumah kami, di desa Kombong Kecamatan Suli, Luwu. Dari kiri: Saya, Iwan, Mama, dan Tina.
Saya hanya bisa mengingat masa kecilku ketika bersekolah di taman kanak-kanak. Itu pun masih samar-samar. Dan sebelum bersekolah kenangan itu tak ada sama sekali. 

Waktu, sekolah di taman kanak-kanak, saya selalu berangkat dengan seorang sepupu. Namanya Andi Jauhan. Sekarang sudah bekerja sebagai pelaut dan mengelilingi beberapa negara. Saya kelas nol besar, dia di nol kecil.  

Sabtu, 03 Maret 2012

TNI dan POLRI dapat Diskon Naik Bus

Stiker diskon untuk TNI dan POLRI

Saya tiba di Baron, Kabupaten Nganjuk, Surabaya pada 25 Februari 2012. Sehari kemudian saya menyempatkan jalan-jalan ke Malang bersama dua adik saya. Tiga hari kemudian, kembali ke Baron menghadiri pesta pernikahan adik sepupu.

Perjalanan menuju Malang dari Baron membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Menggunakan dua bus dan satu angkutan mikrolet. Rutenya Baron ke Jombang, menggunakan bus besar Sumber Kencono, berpendingin udara, tarifnya Rp9,000, jarak tempuhnya sekitar 45 menit. Dari Jombang ke terminal Malang menggunakan bus kecil tanpa pendingin udara namanya Puspa Indah, tarifnya Rp16,000, sekitar 3 jam. Dari terminal lalu dengan angkutan umum warna kuning dengan tulisan depan ADL, tarifnya Rp2,500 setiap orang, dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.